10 Persiapan Email Marketing

email-marketing

Email pemasaran sangat efektif dan dapat membantu anda melakukan hal-hal penting seperti memberikan informasi produk, penawaran dan layanan baru; memberikan apresiasi dan penghargaan untuk pelanggan; edukasi pasar dengan memberi wawasan yang berguna tentang industri anda; meminta umpan balik dari pelanggan, dan lainnya. Namun agar dapat menemui sasaran, sebelum melangkah lebih jauh mari pahami 10 Persiapan Email Marketing berikut ini.

SATU, Laiknya kegiatan lain, anda harus menyusun perencanaan. Buatlah strategi mengenai calon sasaran anda, respon yang diharapkan dan bagaimana tolok ukur keberhasilan email campaign anda.

DUA, Tentukan jadwal pengiriman, apakah mingguan, bulanan, dwibulanan atau triwulanan. Usahakan untuk menentukan tanggal atau hari pengiriman yang rutin. Karena satu hal penting dalam email marketing adalah konsistensi.

TIGA, Email anda harus mengarahkan pembaca pada suatu respon tindakan yang diharapkan. Respon atau tindakan ini dapat satu atau beberapa sekaligus, seperti forward email, mengunjungi atau menandai (bookmark) website anda, bertanya dan berkonsultasi lewat telepon atau email, mengisi kuosioner, meminta penawaran, berpartisipasi dalam acara anda, mendatangi kantor, sampai yang berdampak jangka panjang adalah, memberikan perusahaan anda citra atau predikat yang baik.

EMPAT, Menyusun dan mengelola laporan aktivitas email. Ini penting untuk mengukur keberhasilan email anda. Bagaimana daya jangkaunya, siapa yang membuka, membaca, mengunjungi link, menolak atau menghapus email. Jika hal ini terlalu rumit dan kompleks, dengan bantuan analisis software atau konsultasi pihak ketiga, anda akan mendapatkan strategi yang jitu.

LIMA, Persiapkan bahan berupa tulisan dan gambar beserta link untuk membuat email promosi, berita, artikel, agenda kegiatan, status update, dan lainnya. Konten dibuat dengan prinsip sederhana, fokus, jelas, atraktif, dan persuasif.

ENAM, Tidak ada patokan seberapa panjang pendeknya teks email, semua tergantung kebutuhan. “Kemasan” email yang penting diperhatikan adalah ukuran file email, panjang judul, dan jumlah link didalam email. Probabilitas email yang diterima dengan baik oleh pembaca maupun server email berukuran file berkisar 20-80 kilobyte. Terlalu besar akan memberatkan server dan lebih kecil dari itu dapat pula dianggap spam. Lalu panjang judul maksimal 50 karakter dan jumlah link maksimal 25 link.

TUJUH, Perbaikan demi perbaikan harus terus dilakukan untuk mendapatkan “ramuan” strategi email komunikasi dan pemasaran yang jitu. Seperti diutarakan pada nomor 1, konsistensi adalah kuncinya. Dalam tiga pengiriman pertama, email marketing belum dapat disimpulkan keberhasilannya. Konten dan kemasan email anda pun turut berkembang dan membaik seiring waktu. Demikian pula anda dapat membangun sebuah daftar penerima (contact list) yang semakin spesifik.

DELAPAN, Daftar penerima (contact list) harus terus ditambah atau diperbaharui. Maka, aspek yang perlu diperhatikan tidak hanya pada konten dan “kemasan” email yang semakin baik dan menarik, namun juga pada aspek layanan, kualitas, dan nilai anda di mata pelanggan. Ingat, ketika kita fokus pada strategi pemasaran, secara tidak langsung kita juga akan membangun perusahaan itu sendiri.

SEMBILAN, Pilih dan gunakan  software atau aplikasi marketing yang tepat sesuai dengan tujuan dan sasaran anda. Kini saatnya kualifikasi divisi pemasaran dikembangkan dengan keahlian untuk mengelola email marketing. Anda bisa meminta bantuan pihak ketiga untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan aplikasi, server email, pelatihan desain dan konten, dan melakukan analisis laporan. Untuk kebutuhan aplikasi dan servernya bisa efisien dengan mencari provider email marketing yang sekaligus menyediakan software, Domain Name System (DNS), server dan  semua layanan aplikasi Web-Based atau dikenal dengan Software as a Service.

SEPULUH, Miliki sikap antusias dan loyal dalam mengelola email marketing, ibarat hasrat anda dalam melayani pelanggan. Meski report statistik email awal mungkin tidak menggembirakan menurut perspektif anda, sikap antusias dan loyal ini akan tercermin dalam newsletter anda, dan akan membawa pertumbuhan hasil seiring dengan waktu.

Khusus dalam membuat desain dan content email marketing, juga ada beberapa tips dan trik yang harus diperhatikan. Kami akan mengulasnya secara terpisah. Salam sukses.(fer)