10 Persiapan Memilih Surveillance System dan CCTV Camera

CCTV Online

Setelah membaca artikel-artikel sebelumnya, bahwa sistem CCTV tidak lagi berfungsi sebatas sistem keamanan saja, tetapi sudah diperluas manfaatnya untuk keperluan manajemen dalam mengelola sumber daya dan aset, bahkan untuk sarana pendidikan, fasilitas medis, penelitian dan lain-lain.

Ditambah lagi saat ini biaya pengadaan kamera CCTV tidak lagi semahal dibandingkan fungsinya, dan tersedia pilihan yang semakin terjangkau dan dapat diaplikasikan di rumah tangga. Namun tetap harus diperhatikan agar sistem tersebut bekerja efektif, berikut ini 10 persiapan memilih Surveillance System dan CCTV Camera.

  1. Tentukan jarak pandang dan lebar area yang ingin dipantau.
  2. Seberapa ukuran obyek yang ingin dipantau dan letak pemasangan kamera.
  3. Seberapa resolusi atau ketajaman gambar yang ingin didapat. Tidak semua titik pantau memerlukan resolusi yang sama.
  4. Dimana rencana letak kamera apakah untuk indoor atau outdoor serta perlukah ketahanan terhadap air dan benturan.
  5. Bagaimana cahaya yang ada, terang atau gelap untuk menentukan penggunaan Infrared (IR).
  6. Bagaimana sistem operasi kamera yang dibutuhkan, apakah standar atau perlu modifikasi, seperti fitur people counting, face recognition, license plate recognition dan lainnya.
  7. Seberapa besar media penyimpanan HDD yang diperlukan, berapa hari data harus tersimpan sebelum tertindih data recording yang baru.
  8. Apa peralatan tambahan yang diperlukan, serta perlengkapan untuk keperluan online monitoring, jalur kabel, sinyal jaringan (network) dan keamanan lokasi server, NVR/DVR dan monitor.
  9. Tidak semua memerlukan kamera yang canggih. Dengan perencanaan yang baik, anda dapat memiliki sistem monitoring yang handal dengan harga yang pantas.
  10. Kamera dan sistem pengawasan yang ekonomis sekalipun jauh lebih baik dibanding tanpa pengawasan sama sekali.

Security System yang baik mutlak perlu perencanaan, apakah perlu menggunakan Video Management Software khusus atau tidak. Bahkan seringkali implementasinya turut mengubah kebijakan dan peraturan perusahaan yang ada. Selain efektif, sistem keamanan juga harus aman. Itu semua dilakukan agar sistem yang telah dibangun benar-benar membawa dampak nyata, baik untuk tujuan keamanan dan peningkatan kinerja.(fer)