15 Manfaat CCTV Sebagai Sistem Pengawasan

CCTV-Camera
‎Untuk menambah pengetahuan dan wawasan, kami ingin mengulas hal-hal mendasar tentang CCTV Camera dan Surveillance System. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Pada umumnya CCTV seringkali digunakan untuk mengawasi area publik seperti taman,  bank, hotel, bandara, stasiun, pabrik maupun pergudangan. Apakah tempat anda termasuk atau tidak di dalamnya, apakah sudah saatnya menggunakan CCTV Camera? Atau mungkin anda ingin mengkajinya dari aspek manfaat, berikut kami sajikan 15 manfaat CCTV sebagai sistem pengawasan. 

  1. Melindungi aset barang, lokasi, bangunan, sumber daya manusia (tenaga kerja) dan pelanggan dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Membantu tugas manajemen rutin sehari-hari dan tugas tenaga keamanan.
  3. Memantau dan merekam segala bentuk aktifitas yang terjadi pada lokasi jarak jauh dan di beberapa lokasi dari satu layar monitor dimana saja, tanpa batasan jarak.
  4. Memantau dan merekam segala bentuk aktifitas yang terjadi di luar kota/ daerah dengan menggunakan HP, PDA, Laptop, atau Komputer PC secara langsung (real time) dari mana saja lewat internet.
  5. Memantau kondisi keluarga, pasien, hewan peternakan.
  6. Dapat dijadikan arsip kegiatan usaha sehari-hari karena hasilnya dapat direkam di media perekam DVR atau NVR (Digital/Network Video Recorder)
  7. Bahan bukti yang otentik bila terjadi  hal-hal yang tak diinginkan. Bukti dapat di putar ulang di komputer atau DVR/NVR.
  8. Memonitor aktifitas usaha, kinerja karyawan dan pelayanan terhadap pelanggan.
  9. Mendeteksi benda hilang, bergerak, perubahan letak, dan benda asing (unattended missing object detection).
  10. Menghitung jumlah benda dan subyek manusia, mendeteksi wajah tertentu (people counting, face recognition).
  11. Melindungi tempat dan aset barang 24 jam sehari, dalam keadaan gelap maupun terang dengan menggunakan fasilitas Infrared (IR).
  12. Dapat memantau lokasi tanpa diketahui dengan menggunakan kamera tersembunyi.
  13. Sebagai data bagian Produksi dan Quality Control bila suatu waktu terjadi keluhan atas kualitas barang.
  14. Sebagai salah satu syarat bagi standar industri yang ingin maju dan bersertifikasi internasional.
  15. Meningkatkan layanan dan citra perusahaan menjadi lebih terpercaya.


Dengan bantuan Video Management Software, gambar yang ditangkap oleh sensor kamera lalu dikonversi menjadi sinyal digital dan oleh software dikompresi ke ukuran data yang lebih kecil (smart stream codec) untuk memudahkan transmisi data  baik di jaringan intranet maupun ke lokasi yang jauh melalui internet ke pihak manajemen atau ke pihak-pihak lain yang membutuhkan. Demikianlah pentingnya Surveillance System dikaji dari aspek manfaat, semoga berguna dalam pengambilan keputusan atau bisa nantikan lanjutan ulasan kami di kesempatan berikutnya.