5 Alasan Mengapa Beralih ke Sistem IP PBX

VoIP-IP-PBX

Seperti kita ketahui, banyak bisnis mengandalkan sistem Private Branch Exchange (PBX) untuk mengelola saluran komunikasi di tiap devisi atau karyawan di dalam perusahaan. Namun, saat ini, sebagian besar bisnis telah mulai melakukan transisi dari sistem PBX tradisional ke solusi IP PBX berbasis jaringan data atau Internet Protocol yang menawarkan efisiensi dan fitur lebih baik. Semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan tersebut.

Migrasi sistem tidak perlu mengganggu infrastruktur bisnis yang ada. Sebuah sistem IP PBX yang baru hendak dibangun dapat terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX atau menggunakan  opsi perangkat VoIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN  yang telah ada. Dengan IP PBX, bisnis UKM dapat memanfaatkan software Open Source seperti Asterisk dan FreePBX sehingga dapat memiliki sistem PBX modern seperti yang dimiliki bisnis besar. Berlaku untuk bisnis kecil maupun besar, berikut ini 5 alasan mengapa beralih ke sistem IP PBX.

1.Kemudahan instalasi dan konfigurasi
Sistem IP PBX dijalankan sebagai perangkat lunak dan tidak memerlukan perangkat PBX yang mahal. Perusahaan atau kantor yang baru dibangun dapat langsung memasang sistem ini bahkan bisa menggunakan Softphone, yakni dengan software yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon VoIP menggunakan komputer atau smartphone. Antarmuka software berbasis web atau GUI yang user friendly juga memberikan kemudahan dalam maintenance dan konfigurasi pada sistem. Administrator bahkan dapat mengakses dari jarak jauh, bisa mudah memonitoring dan melakukan modifikasi sistem dari mana saja.

2.Biaya komunikasi lebih rendah
Keuntungan terbesar dari IP PBX adalah efisiensi biaya komunikasi. Panggilan telepon lokal maupun internasional melalui sistem berbasis IP jauh lebih murah. Administrator juga dengan mudah mengkonfigurasi hubungan telepon internal antar kantor cabang dengan biaya telepon gratis.

3.Aspek pengembangan yang mudah
IP PBX dirancang dengan skalabilitas yang memungkinkan bagi perusahaan untuk menambah atau menghapus user atau ekstensi secara mudah dan efisien. Tidak ada perangkat rumit atau kabel telepon, dan tidak perlu memanggil teknisi dari vendor.

4.Fitur yang lebih canggih
Selain memperoleh fitur PBX standar, perusahaan yang menggunakan sistem IP PBX dapat memanfaatkan beragam fitur canggih seperti Auto Attendant, Unified Messaging, Video dan Audio Conference, Instant Messaging, Contact Center, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur canggih ini mendukung kebutuhan bisnis yang semakin mobile, kolaboratif, produktif serta membantu mendorong pelayanan pelanggan yang lebih baik. Karyawan yang sedang berada jauh tetap dapat menjawab panggilan ke ekstensi mereka, seperti mereka berada di kantor.

5.Integrasi CRM
CRM atau Customer Relationship Management menjadi aplikasi marketing yang membantu perusahaan dalam meningkatkan layanan, efisiensi dan produktivitas kerja tim pemasaran, serta mengelola data pelanggan. Data prospek dan penggunaan telepon dapat di evaluasi oleh manajemen. Dengan IP PBX anda telah masuk ke Next Generation Network, dan beralih ke sistem ini membuka banyak kemungkinan dan pengembangan baru di masa yang akan datang.(fer)