Di AS, Web Lebih Populer Dibanding Koran

Solusitek Website
Meskipun teknologi digital telah mengubah wajah berita setidaknya dalam sepuluh tahun terakhir, akhirnya kita mencapai suatu tonggak penting: yakni lebih banyak orang yang menjadikan media online sebagai sumber berita daripada media koran konvensional.

Setidaknya demikian menurut studi proyek jurnalisme dari Pew Research Center. Lembaga penelitian di Amerika Serikat ini baru saja merilis laporan terakhir dalam “State of the Media”. Studi ini menemukan bahwa, dengan beberapa metode pengukuran, situasi media berita di Amerika meningkat pada 2010, tetapi perbaikan itu tidak termasuk sektor yang penting, yakni koran, dan justru terlihat penurunan pada pendapatan, pembaca dan kerja liputan.

Menurut survei, 46% orang sekarang mengatakan bahwa mereka mendapatkan berita secara online, setidaknya tiga kali seminggu, untuk pertama kalinya mampu melebihi koran (40%). Hanya televisi lokal yang lebih populer dengan angka 50%.

Laporan lainnya juga menjadi tonggak sejarah di tahun 2010. Untuk pertama kalinya, lebih banyak uang dibelanjakan pada iklan online dari pada iklan surat kabar cetak. Online advertising secara keseluruhan tumbuh 13,9% menjadi US$ 25,8 milyar pada tahun 2010. Selama periode yang sama, penghasilan iklan di koran, jatuh sebesar 6,4%.

Penurunan pendapatan dan jumlah pelanggan surat kabar telah mengakibatkan banyak penutupan media dan PHK. Memang, kerja media surat kabar telah 30% lebih kecil dibandingkan pada tahun 2000, namun menurut survei, kebanyakan orang Amerika tampaknya tidak terlalu peduli dengan hilangnya sumber berita dari koran. Hanya 28% yang mengatakan hilangnya koran lokal akan berdampak besar pada informasi lokal, sedangkan 30% mengatakan akan berdampak minor dan 39% mengatakan tidak berdampak sama sekali.

Pew Research Center juga menemukan bahwa banyak orang yang beralih ke ponsel mereka untuk berita lokal. Sejumlah 47% orang Amerika melaporkan bahwa mereka mendapatkan berita lokal dari ponsel mereka, walaupun kepentingan mereka tampaknya berada di informasi yang sifatnya praktis seperti informasi cuaca dan restoran.