Dua Format, Konten HTML dan Plain Text Dalam Satu Email

HTML Editor Email
HTML Editor dan Text Editor otomatis

Jika anda menggunakan konten berupa gambar di dalam email marketing, ukuran email menjadi besar dan sangat potensial terhadang filter spam. Jika cuma gambar, filter spam akan menganggap email anda berisi virus. Sebaliknya, jika anda hanya menggunakan konten berupa teks tanpa gambar, anda jadi kehilangan kesempatan untuk menampilkan logo, produk, dan warna.

Masih banyak praktisi email blast marketing di Indonesia yang masih belum menggunakannya dengan benar. Padahal ini sangat mudah dan aplikasi email marketing memiliki Content Editor yang akan membantu anda. Sayangnya, kita terlalu malas untuk mencoba dan menggunakannya.

Konten email marketing yang paling ideal adalah berupa HTML, dan seorang web desainer pasti menguasainya. Tapi nyatanya, banyak perusahaan yang tidak membuat email newsletter dalam format HTML, padahal mereka memiliki staf web desainer atau programmer. Bahkan bagi yang awam, tetap masih bisa membuat email HTML. Dan jika terus diasah, anda akan mampu membuat email tampil memukau dan proporsional untuk dipandang, dibaca dan akhirnya di klik.

Lalu ada satu hal lagi yang kerap diabaikan, yaitu email format teks polos (plain text). Ya, anda harus menyediakan konten cadangan berupa teks biasa, karena bisa saja aplikasi email penerima menonaktifkan format HTML. Dalam hal ini, fitur aplikasi email marketing juga membantu anda membuatnya secara otomatis.

Aplikasi kami menyediakan dua format yakni konten HTML dan Plain Text dalam satu email marketing. Artinya, satu email berisi dua format dan dikirim bersamaan. Ketika konten HTML gagal atau tidak tampil, maka format teks tersedia sebagai cadangan. Minimal pesan anda dapat dibaca meski tanpa gambar.

Ketika membuat email berupa teks polos, sunting naskah yang tidak terlalu penting, karena teks yang terlalu panjang membuat orang malas membaca. Lalu sertakan tautan (link) yang prioritas saja, misalnya http://www.email.com/newsletter/july.html. Pada format teks polos, tautan ini tidak dapat di klik, tapi dapat disalin ke internet browser oleh penerima yang tertarik membacanya. Maka, mulai sekarang biasakanlah untuk membuat dua konten HTML dan Plain Text dalam satu email marketing anda. (fer)