Era Digital Marketing

era digital marketing

Tidak diragukan lagi bahwa masa depan pemasaran akan dikuasai oleh media digital. Ketika persaingan bisnis begitu ketat dan memaksa para pemilik bisnis untuk menekan biaya dan memutar otak untuk memilih jalur pemasaran, ketika itulah justru pemasaran melalui media digital menjadi pilihan dan terus meningkat pesat.

Pemasaran digital erat kaitannya dengan keberadaan komputer dan internet, meskipun masih akan banyak lagi jalur multimedia yang akan muncul dan populer nantinya. Mungkin sekarang inilah yang paling banyak digunakan dan dikenal oleh masyarakat luas, dan menjadikan internet sebagai jalur paling penting dalam pemasaran digital.

Pemasaran melalui email marketing, iklan online, media sosial dan video klip sudah banyak dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis dan nantinya akan menjadi salah satu perangkat wajib bagi praktisi pemasaran dan komunikasi. Termasuk juga pengetahuan tentang mengelola blog, website, HTML dan Search Engine Optimization (SEO).

Hadirnya perangkat telepon genggam yang mengusung teknologi komputer atau sering disebut dengan istilah smartphone menjadi medium yang akan segera populer dan dimanfaatkan secara serius. Apalagi mengingat praktisnya alat ini dan selalu ada di dekat para pemiliknya, tentu membuat rasio pesan digital semakin besar untuk langsung dilihat dan dibaca. Smartphone memiliki alternatif platform yang terus dikembangkan sebagai jaringan pengiriman pesan, dan dengan jumlah prosentase yang terus meningkat hingga mencapai 20% dari jumlah ponsel yang beredar, masa depan pesan digital tentu tidak lagi sebatas teks atau SMS, tetapi email, iklan digital, pop-up dan aplikasi online lainnya.

Meski gencar digunakan untuk aktivitas pemasaran, penggunaan media digital juga semakin luas ke arah aktivitas komunikasi atau hubungan masyarakat. Pelakunya pun tidak lagi sebatas dunia bisnis komersial, melainkan juga dunia pendidikan, kesehatan, institusi pemerintah, agama dan lembaga swadaya masyarakat, dan bahkan untuk kegiatan insidentil semacam seminar dan pemilihan umum turut memanfaatkan saluran ini. Nah, kini saatnya kita juga  mengembangkan diri dan menyesuaikan keahlian di era digital marketing.