Format Email Untuk Perangkat Mobile

emailresponsive

Semakin banyak dari kita yang memeriksa email pada ponsel membuat kita perlu mempertimbangkan untuk membuat desain yang tampil baik pada PC dan perangkat mobile (ponsel, pad/tablet, laptop). Membuat format email untuk pembaca mobile mungkin akan membuat pekerjaan anda lebih mudah. Anda akan membuat desain yang sederhana, dan mengganti layout yang kompleks. Berikut ini beberapa tips format email untuk perangkat mobile.

  • Perhatikan lebar layout email maksimal 560 pixel, karena perangkat mobile memiliki layar yang lebih kecil daripada PC. Jangan letakkan link utama dalam kerumunan teks, gambar atau link lainnya. Berikan spasi bagi pengguna untuk dapat menekannya.
  • Pilih layout satu kolom untuk konten yang akan tetap menjaga tampilan dan teks tetap rapi saat skala email diperbesar. Hindari format CSS yang kompleks.
  • Huruf untuk email perangkat mobile harus jauh lebih besar. Panduan praktis untuk headline sekitar 22 pixel dan teks email sekitar 12-14 pixel. Bagian paling penting dari email adalah ajakan untuk bertindak. Gunakan spasi yang cukup dengan ukuran 40 pixel agar tombol dapat ditekan.
  • Jangan gunakan gambar sebagai konten inti. Perangkat mobile biasanya otomatis memblokir gambar. Gambar hanyalah pendukung, dan jangan lupa gunakanlah Alt Text sebagai deskripsi untuk setiap gambar. Dengan begitu, pembaca akan tertarik untuk membuka gambar tersebut lebih lanjut.
  • Perkuat baris judul atau subyek sebagai inti pesan email anda. Pastikan untuk menyertakan versi teks biasa selain format HTML pada setiap email yang anda kirim, Ini membuka peluang lebih besar bahwa pesan anda akan dapat dibaca dalam versi teks.
  • Letakkan link akun media sosial anda jauh dari bagian pesan utama. Jangan biarkan pesan utama terganggu oleh hal-hal yang lain.

Ujilah hasil format tampilan email anda pada beberapa jenis perangkat mobile. Mungkin tampilan email tidak akan sempurna pada semua jenis perangkat, tapi yang terpenting pesan anda dapat terbaca dan efektif.(fer)