FTP Backup VPS dan Dedicated Server

ftp

Tidak ada yang ingin hal buruk terjadi pada data anda. Tidak ada pula yang ingin server berhenti bekerja. Tapi ketika itu benar-benar terjadi, FTP Backup akan menjadi hal yang sangat penting dan merupakan satu-satunya harapan berfungsinya server yang susah payah dibangun. Pelaku bisnis dan organisasi sadar betul pentingnya hal ini, meski masih ada sebagian yang belum mengganggapnya demikian. Kiranya ulasan singkat dibawah ini bisa menjadi alasan yang lebih proporsional.

Ada pula yang masih sedikit salah kaprah tentang definisi backup server, meski mereka sudah sadar pentingnya kebutuhan tersebut. Ada yang enggan untuk menambah investasinya dalam hal ini, atau sebaliknya, ada pula yang terlalu berlebihan, namun bukan masalah biaya yang terutama dalam hal keamanan.

Mungkin anda sudah merasa cukup dengan backup server menggunakan standard backup di server. Atau anda sudah merasa peduli betul terhadap kemanan (security) web dan yakin selama ini seluruh web di dalam VPS / Dedicated Server anda sudah sangat aman dari pembobolan. Atau anda sudah menggunakan hardware kelas atas yang mahal dan lulus uji ketat.

Jika anda meletakkan standard backup di server yang sama, bagaimana jika terjadi harddisk fail / hardware fail di server tersebut? Bagaimana pula jika ada pihak nakal yang menerobos security anda? Penting disadari, tidak ada keamanan yang mutlak seratus persen dalam hal ini. Terlalu besar resiko dari hilangnya data yang bisa membuat bisnis dan reputasi anda hancur.

Backup terkesan sepele, namun merupakan kunci utama bila terjadi musibah yang tidak terduga di server anda, dan cara paling aman adalah FTP External Backup. Secara sederhana, server A akan berkala di backup ke server B. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di server A, data tidak hilang dan tetap aman. Anda bisa kembali melakukan proses recovery hardware server A, atau bisa juga membangun server baru seperti server C, dan memindahkan data backup dari server B ke Server C.(fer)

Close Menu