Koneksi VPN Untuk Bekerja Jarak Jauh

koneksi vpn

Kini bukankah hal yang menakjubkan untuk dapat beralih menggunakan perangkat mobile pada saat anda berada jauh dari kantor untuk dapat membaca e-mail perusahaan, upload dan download file, melihat laporan dan melakukan pekerjaan lainnya. Anda dapat bekerja seperti umumnya karyawan di kantor, bekerja untuk proyek yang jauh, mengedit file spreadsheet dan membuka database kantor.

Perusahaan mungkin saja memiliki satu kantor atau banyak cabang. Mungkin ada yang berbasis staf tetap di kantor atau teleworker, yaitu pekerja yang melakukan perkerjaan perusahaan dari rumah atau di lapangan. Dalam satu area kantor, dengan menggunakan Local Area Networking, anda sudah dapat menghubungkan semua komputer yang satu dengan yang lain untuk bekerja sama. Namun untuk staff lapangan atau anda yang berada diluar kantor, anda memerlukan sambungan atau konektifitas melalui VPN (Virtual Private Network).

Dengan biaya rendah, aspek kemudahan, dan penggunaan perangkat yang umum, menjadikan solusi VPN cocok dan populer di segala level skala bisnis. Kelebihan menggunakan koneksi VPN untuk bekerja jarak jauh adalah sebagai berikut.

  • Koneksi jarak jauh cukup menggunakan jalur internet atau jaringan data reguler di seluruh kota di dunia.
  • Data rahasia perusahaan tetap aman terjaga di belakang Firewall.
  • Keamanan enkripsi yang tinggi (3DES, AES, dan lainnya).
  • Konfigurasi sederhana, instalasi bisa dibuat sementara, fleksibel dan cepat.
  • Keuntungan kerja dan efisiensi yang signifikan terhadap biaya implementasi.
  • Mendukung Multiple Simultaneous Tunneling.

 
VPN telah membuat konsep teleworking menjadi efektif, murah dan sederhana, sementara data rahasia perusahaan tetap terjaga aman meski menggunakan koneksi internet standar. VPN menjadi solusi menghubungkan dua atau lebih kantor guna mengakses file, printer dan email server, serta menghubungkan pekerja yang jauh ke server kantor atau ke salah satu PC di kantor.(fer)

Close Menu