Manfaat CRM Beserta Integrasinya

Manfaat CRM

CRM atau Customer Relationship Management adalah perangkat lunak yang digunakan untuk manajemen data kontak dan aktivitas interaksi pelanggan, termasuk prospek yang potensial. Namun secara keseluruhan, CRM jauh melebihi itu, apalagi dengan pembaruannya saat ini.

Fungsi dasarnya, sistem CRM meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja tenaga penjualan. Perusahaan menjadi mampu untuk lebih fokus pada layanan pelanggan, mengorganisir dan mengolah data, analisa target, prospek potensial dan fungsi-fungsi lainnya. CRM menyimpan data pelanggan dan mitra bisnis seperti alamat email, nomor telepon, situs web, akun media sosial, dan lainnya. Semua informasi kontak ini membantu anda memahami profil dan riwayat pelanggan, sehingga membantu anda dalam membuat program promosi, update website, konten media sosial dan email newsletter yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan mereka.

CRM membantu mengorganisir data dan mengingatkan anda siapa yang harus dihubungi, kapan dan mengapa. Itu adalah tugas yang rumit dan sering terlewat. Bahkan CRM bisa melakukan tugas-tugas otomatis terutama proses administrasi yang berulang, seperti mengirim form isian dan invoice melalui email. Ratusan bahkan ribuan data tersimpan beserta riwayatnya, baik itu riwayat uji coba produk, penjualan, hingga keluhan pelanggan. Rotasi karyawan atau perubahan personil dalam tim pemasaran bisa terjadi, namun data pelanggan aman tersimpan dan tetap berguna di kemudian hari. Mungkin ada pelanggan yang telah mencoba produk A belum mencoba produk B, atau ada yang baru sekedar mendaftar dan tertarik, namun belum melakukan pembelian. Atau untuk kasus asuransi, ada pelanggan yang telah mempunyai anak dapat ditawarkan kembali.

Sebagai aplikasi marketing web-based, maka update pelanggan, penjualan, status pekerjaan dan laporan dapat dipantau oleh tim secara real-time dan online dari mana saja. Sehingga kolaborasi tim pemasaran juga menjadi lebih baik dan efisien. Manajer dapat dengan mudah membuat dan menganalisa laporan kerja tim pemasaran.

Banyak contoh manfaat CRM beserta integrasinya dengan Website, Email Marketing, Social Media Marketing dan aplikasi Help Desk. Anda dapat mengoptimalkan CRM lewat interaksi dan konten pada website, newsletter dan media sosial. Bahkan bisa terintegrasi dengan sistem telepon VoIP atau IP-PBX anda. Demikian pula sebaliknya. Semua platform ini akan bekerja sinkron dan saling melengkapi. Pengunjung website dapat terhubung dengan staf yang berwenang via CRM untuk melayani pertanyaan atau berkomunikasi langsung lewat aplikasi live chat. Fungsi tracking dan analytic CRM akan membantu anda dalam memahami perilaku pengunjung website.

Transaksi situs e-commerce juga didukung dengan baik oleh aplikasi CRM, sehingga meningkatkan kualitas layanan Online Store anda. Sementara integrasi akun media sosial bisnis anda seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn dengan CRM akan memberi wawasan yang berharga tentang audiens,  pada konten atau produk apa mereka suka, berbagi dan terlibat. Kemudian untuk email, selain anda bisa mengirim email langsung dari CRM dengan Gmail atau Outlook, ada juga fitur bulk email untuk mengirim email campaign. Juga dimungkinkan mengintegrasikan aplikasi email marketing lain yang populer. Semua ini menjadi fitur handal dalam rangka meningkatkan layanan dan penjualan anda.

Masih banyak kemampuan yang dikembangkan selain fitur bawaan dari aplikasi CRM yang sudah hebat. Pastikan anda memilih aplikasi CRM yang tepat dan yang mampu berintegrasi dengan aplikasi lain. Banyak pilihan yang ditawarkan dalam bentuk open source dan layanan aplikasi cloud atau Software as a Service. Untuk UKM bahkan bisa mulai memanfaatkan CRM secara gratis dengan fasilitas puluhan ribu contact list dan data storage yang besar. Penggunaannya pun semakin praktis dan mobile karena banyak yang menyediakan aplikasi CRM untuk iOS maupun Android.(fer)