Melayani Pelanggan Lewat Personalisasi Website

website-personalization

Dalam dunia bisnis, memahami pelanggan adalah hal utama. Sebanyak apapun jumlahnya, tiap pelanggan menuntut layanan terbaik, yang khusus dan memahaminya secara personal. Demikian juga halnya sebuah website sebagai portal bisnis online, dapat dirancang untuk bisa memberi layanan   yang personal. Artinya, website tersebut mampu adaptif dan merespon berbeda kepada tiap segmen pengunjung.

Personalisasi website akan memberi pengalaman yang disukai oleh pengunjung, terutama ketika anda mengoperasikan situs e-commerce. Berbekal data anda dapat menyesuaikan konten website yang sesuai dengan segmentasi pengunjung. Informasi mendasar yang berasal dari CRM (Customer Relationship Management) seperti nama, lokasi, usia, minat, jabatan, adalah modal berharga.

Perusahaan bisa memberikan personalisasi secara otomatis ketika pelanggan login di website. Atau, membuat email newsletter dengan link atau tautan ke halaman website yang dibuat khusus bagi pelanggan.

Personalisasi web atau konten kepada segmen yang tepat secara real-time akan  meningkatkan hasil Conversion Rate. Penawaran atau gagasan anda menjadi lebih diterima karena diberikan ke pengunjung yang tepat. Namun niat untuk melayani pelanggan lewat personalisasi website masih seperti hal yang sulit untuk diterapkan. Penyebabnya adalah karena faktor data maupun karena implementasi teknologi yang belum dikuasai.

Jika belum memiliki database pelanggan di CRM, atau belum terintegrasi dengan website, personalisasi sebenarnya tetap dapat dikerjakan. Artinya, upaya untuk menghadirkan user experience yang berkesan sudah diberikan sejak awal, ketika pengunjung datang pertama kali sebelum mendaftar dan menjadi anggota.

Ada pendekatan data lain yang dapat digunakan untuk tujuan personalisasi. Melalui konfigurasi pada Content Management System, website berupaya mengenali pengunjungnya dan menampilkan konten yang sesuai.

Contohnya, anda dapat menyesuaikan personalisasi konten berdasarkan data lokasi geografis dengan mengidentifikasi alamat IP (Internet Protokol) atau data GPS dan RFID (Geofencing). Misalnya, pengunjung dari Indonesia diarahkan ke halaman yang dirancang khusus untuk audiens Indonesia. Sesuaikan konten dengan bahasa, mata uang, foto, zona waktu, musim dan lainnya secara otomatis. Dengan ini misalnya, anda bisa berikan nuansa website yang berbeda untuk pengunjung yang datang siang hari atau malam hari.

Anda juga dapat menyesuaikan personalisasi konten berdasarkan data sumber traffic. Misalnya, pengunjung yang diarahkan dari iklan seperti Google Ads atau PPC (Pay Per Click) kemungkinan siap untuk melakukan order atau mendaftar ke layanan anda. Berbeda dengan pengunjung yang berasal dari hasil pencarian organik di search engine, niat mereka kemungkinan besar hanya untuk mengenal. Sediakanlah konten, tautan dan tombol yang berbeda. Seringkali pengunjung yang siap berbelanja mendapati menu eksplorasi website, dan pengunjung yang ingin mengenal lebih jauh justru mendapati halaman daftar produk. Ketika pengunjung merasa sulit untuk menemui apa yang dicari, ia akan meninggalkan situs. Ini sebuah kegagalan analisa proses.

Personalisasi konten juga bisa ditampilkan berdasarkan data yang diinput melalui search query atau form pencarian. Sebuah online store musik atau buku dapat menampilkan hasil pencarian dan memberi rekomendasi lagu, artis, genre, atau yang terkait. Dapat juga ditampilkan produk yang dipilih oleh pengunjung lain yang serupa, atau daftar produk yang telah mereka telusuri sebelumnya. Ini adalah upaya pemasaran dan meningkatkan penjualan dengan cara memahami minat.

Itulah contoh personalisasi website yang dapat diterapkan. Konten dinamis yang disesuaikan dengan pengunjung akan membawa pengalaman berkesan dan loyalitas. Nilai konversi kunjungan juga meningkat dalam hal order, subscribe, atau mengikuti akun media sosial anda. Pengunjung merasa dipahami, meski baru datang pertama kali. Kemungkinan besar mereka akan menyimpan situs anda di folder bookmark atau favorite.

Tetaplah tawarkan untuk mendaftar, karena data pengunjung yang lebih lengkap akan sangat berguna untuk memberikan layanan jangka panjang dan personalisasi web yang semakin baik. Berikanlah penawaran spesial, potongan harga, update newsletter, e-book, aplikasi gratis, atau lainnya.(fer)

Close Menu