Memahami Search Engine, SEM dan SEO

SEO-SEM

Seorang web developer dan digital marketer tentu wajar memahami Search Engine, SEM dan SEO, tapi kini itu menjadi hal yang juga penting bagi siapapun pemilik website, apalagi bagi pelaku usaha.

Ada miliaran pencarian online setiap harinya melalui Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex dan lainnya. Dengan tingginya persaingan, bagaimana cara kerjanya sehingga sebuah brand tampil di halaman mesin pencari?

Search Engine memiliki tiga tahap kerja. Pertama yaitu untuk mencari data atau dikenal dengan istilah Crawling. Disinilah halaman, judul, kata kunci (keyword), sitemap, meta tags website ditelusuri. Lalu tahap kedua, data itu disimpan dan disusun dalam database, yang disebut dengan Indexing. Yang ketiga adalah Retrieval, dimana mesin pencari mengambil dan menampilkan data tersebut pada hasil pencarian. Data yang tampil ini diurutkan sesuai relevansi dan standar algoritma unik dari mesin pencari.

Crawling dan Indexing berjalan kontinyu dan otomatis memperbaharui data di mesin pencari. Pembaruan konten, navigasi dan  keyword yang tepat dan berkualitas pada situs anda akan memperbaiki rating di mesin pencari.

Kita tahu dan telah dibahas sebelumnya tentang SEO atau Search Engine Optimization untuk mengoptimalkan sebuah website agar mendapat peringkat tinggi dan secara bertahap bisa tampil pada halaman depan mesin pencari. Teknik SEO terus menerus dilakukan dan dijaga, karena persaingan dari website kompetitor juga tinggi.

Ada pula teknik beriklan di mesin pencari, dan banyak yang melakukannya untuk memperoleh hasil yang lebih cepat sambil secara simultan bekerja dengan teknik SEO yang terus berjalan. Ini dikenal dengan Search Engine Marketing (SEM), contohnya seperti Google AdWords atau Google Ads. Juga ada Google AdSense yang menampilkan iklan anda di website lain yang terkait atau memiliki konten relevan dengan bisnis anda.

Penghitungan biaya iklan ini bisa Pay per Click (PPC) atau Cost per Click (CPC) dan bisa Cost per Impressions (CPM). Pada PPC atau CPC, biaya dihitung berdasar jumlah klik terhadap display iklan. Sementara CPM dihitung berdasar jumlah tampil–biasanya per seribu kali tampil. Ada lagi Cost per Action (CPA) dimana biaya baru dibebankan saat aksi yang diharapkan terjadi.

SEO maupun SEM mempunyai prinsip kerja yang serupa, mengikuti algoritma Search Engine untuk menampilkan hasil pencarian kata kunci yang paling relevan dan unik yang terkait dengan website yang dikehendaki. Namun jika web optimization anda lewat SEO masih dalam proses pertumbuhan organik, maka advertising SEM bisa jadi percepatan jalan untuk segera tampil diatas.

Dengan memahami cara kerja Search Engine, maka metode SEO didedikasikan untuk tujuan jangka panjang, untuk membentuk konten dan struktur website yang baik dan berkualitas. Sementara SEM berperan untuk tujuan jangka pendek seperti perkenalan dan penjualan langsung.(fer)

Close Menu