Memulai dan Menumbuhkan Bisnis Anda Secara Online

bisnis-online
Indonesia saat ini sedang keranjingan bisnis online. Negara berkembang memang wajar melahirkan para wirausaha baru–atau orang-orang baru yang ingin memulai sebuah usaha, dan tingginya pertumbuhan pengguna internet tentu merupakan daya tarik plus banyak kemudahan lainnya.

Mungkin bisnis online kerap identik dengan web store atau toko online. Nyatanya, tidak semua bisnis online berbentuk web store. Ada jasa pialang, provider pesan, agen pemasaran dan afiliasi, pembuat desain atau konten, programmer web, bisnis pelelangan, atau membuat forum atau komunitas adalah peluang-peluang bisnis didunia online.

Besarnya potensi internet terus akan melahirkan inovasi-inovasi baru, sehingga memaksa para pebisnis offline untuk turut terjun, minimal mereka memanfaatkan internet untuk memasarkan bisnis dan menjalin komunikasi dengan khalayaknya via media jejaring sosial.

Nah, agar kehadiran anda didunia internet tidak salah langkah dan tepat sasaran, setidaknya inilah daftar yang harus anda kuasai. Apapun pilihan bisnis online anda, atau apapun motif anda memasuki dunia online, dalam beberapa hal sebetulnya sama saja dengan bisnis konvensional, hanya saja istilah, gaya dan kultur di dunia internet punya karakteristik tersendiri.

Pada bisnis online, bukan modal kapital yang utama, melainkan terletak pada aspek konten, pemrograman, keyword dan interaksi komunikasi. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk memulai dan menumbuhkan bisnis anda secara online.

  1. Anda harus meneliti eksistensi pesaing yang lebih dulu online, apa langkah yang mereka tempuh secara online dan strategi apa yang harus anda kembangkan agar dapat bersaing. Riset ini pun bisa dilakukan sepenuhnya online melalui mesin pencari, sosial media, dan beberapa situs webmaster pengukur traffic (lalu lintas website), keyword, pagerank, dan lainnya.
  2. Membuat lokasi berpijak di dunia online, yaitu berupa nama domain dan web hosting berbayar atau bisa pula sekedar buka halaman gratis pada akun jejaring sosial atau blog. Fitur web hosting seperti kapasitas, persentase uptime, email service, dan keamanan server, alat pemasaran dan aspek e-commerce merupakan kriteria penting untuk dipertimbangkan. Lalu jika anda memutuskan membangun website, saat ini fitur website interaktif serta fitur CMS (Content Management Systems) menjadi pilihan utama.
  3. Mempersiapkan jalur komunikasi online minimal ada kotak email atau Live Chat untuk jalur privat. Lebih bagus lagi jika anda kembangkan jalur komunikasi massal seperti email marketing, media sosial seperti Facebook dan Twitter, lalu ada juga video pemasaran via jalur streaming, RSS Feed, dan lainnya.
  4. Mempersiapkan sarana prasarana bisnis online seperti form, notifikasi, tagihan, pembayaran, order, laporan dan statistik. Semua ini bisa dibangun sendiri dengan pemrograman khusus, atau banyak pilihan aplikasi tambahan (plugin/extension) yang telah tersedia dipasaran untuk anda gunakan pada website atau lewat email.

Itulah yang perlu anda persiapkan di awal. Lewat online, anda bisa merintis usaha baru atau memperkuat citra perusahaan yang telah ada. Jika fokus anda mengembangkan website atau web commerce, kami akan bahas dikesempatan berikutnya.(fer)