Mengenal Tipe CCTV Camera

sumber: pinterest.com

 

Perkembangan teknologi informasi memudahkan pekerjaan manusia. Termasuk juga Security System yang fungsinya memberikan kemudahan dalam proses pengawalan dan pemantuan yang akurat dan otomatis.

Contohnya sistem CCTV (Close Circuit Television) yang di tempatkan di sudut  tertentu, selain untuk tujuan keamanan juga berperan sebagai sarana pihak manajemen untuk memantau operasional, aset, atau sebuah kegiatan yang dianggap penting. Seluruh aktivitas dapat direkam sebagai  bahan bukti dan evaluasi.

Secara mendasar, CCTV (Closed  Circuit  Television) adalah jalur penyiaran khusus yang identik dengan penggunaan kamera untuk menangkap obyek, dilengkapi layar monitor untuk melihat hasilnya, dan media perekam seperti komputer atau DVR (Digital Video Recording) atau NVR (Network Video Recording). Rangkaian unit CCTV saat ini semakin berkembang dengan teknologi digital, dapat menggunakan kabel atau tanpa kabel (wireless) serta dapat digunakan untuk fungsi monitoring online memanfaatkan internet.

  1. Berdasarkan lokasi penempatannya, Security Camera  dapat dikategorikan sebagai Indoor dan Outdoor CCTV Camera. Indoor CCTV Camera biasanya memiliki fitur yang minimal namun banyak ditempatkan di tiap sudut ruangan. Jika ingin ditambahkan fiturnya, biasanya cukum dengan kemampuan zoom dan IR yang minimal. Sedangkan Outdoor CCTV Camera sebagian besar digunakan untuk memantau eksterior bangunan, akses pagar, dan halaman yang luas dan biasanya dengan disertai Hard Case tahan rusak, fitur Zoom yang lebih jauh dan fungsi IR untuk kondisi cahaya yang terbatas atau malam hari. Untuk kamera luar ruangan dengan Hard Case yang tahan benturan, kaca anti pecah, anti kabut dan hujan, kita kenal juga dengan istilah Vandal-Proof CCTV Camera.
  1. Berdasarkan fiturnya, CCTV terbagi menjadi CCTV IR untuk InfraRed dan CCTV Non IR tanpa InfraRed yang biasanya dipilih untuk beroperasi pada ruangan atau kondisi terang. Ada juga PTZ (Pan-Tilt-Zoom) untuk CCTV Camera yang dapat berotasi dan memperbesar ke segala arah dan IP (Internet Protocol) CCTV Camera yang dapat terhubung langsung ke jaringan online atau internet (network).
  1. Berdasarkan desain bentuknya, CCTV juga terbagi menjadi beberapa tipe. Dome Camera berbentuk kubah, Bullet Camera berbentuk seperti peluru dan Hidden Camera yang bisa berbentuk apa saja untuk mensamarkan bentuk asli lensa atau kamera. Hidden Camera saat ini sudah ada yang berbentuk Smoke Detector, Wall Clock, Mini Cam, Ceiling Speaker, Light, Electric Outlet, Mug dan banyak lagi. Biasanya, karena bentuknya yang kecil, Hidden Camera memiliki fitur digital dan kemampuan lensa yang terbatas.

Konfigurasi CCTV Camera juga dapat menggunakan sistem Wireless (tanpa kabel), cocok untuk area yang tidak memungkinkan adanya jalur kabel. Ragam jenis Surveillance Camera ini ditawarkan untuk dipilih berdasarkan kebutuhan dan kondisi area atau ruangan yang ada.(fer)