Menghubungkan Telepon Analog ke Sistem VoIP

VoIP-IP-PBX

Voice over Internet Protocol atau VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan  melalui internet. Manfaat mendasar adalah biaya yang lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan data. Pengelolaan dan konfigurasi menggunakan CPU dengan Operating System Linux dan FreeBSD untuk software Open Source atau Linux dan Windows untuk software Proprietary. Kompresi data yang semakin canggih juga memungkinkan penggunaan bandwidth yang kecil yakni sekitar 8 sampai 64 kbps tergantung konversi codec dan CPU yang digunakan. Teknologi ini juga bisa digabung dengan jaringan telepon analog yang ada.

Solusi telekomunikasi berbasis IP PBX merupakan konsep komunikasi generasi masa depan atau Next Generation Network yang dapat mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN / POTS), jaringan telepon bergerak (GSM / CDMA), jaringan telepon satelit, dan membawa kemampuan multi layanan seperti Voicemail, Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI), Unified Messaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call Recording System, Billing System, serta Web-based Management System.

Ketika hendak menghubungkan telepon analog ke sistem VoIP atau PBX tradisional ke provider VoIP, anda akan membeli perangkat gateway dan menemukan istilah FXS dan FXO, yaitu port yang ada pada saluran telepon analog dan faksimili. FXS (Foreign eXchange Subscriber) adalah jalur analog yang terdapat pada dinding, sedangkan FXO (Foreign eXchange Office) adalah port yang menerima saluran analog yang terdapat pada unit telepon atau faksimili. Kedua antarmuka ini berpasangan, FXO selalu terhubung ke FXS dan sebaliknya. FXS menyediakan nada panggil, dan FXO memintanya.

FXS dan FXO Gateway adalah perangkat VoIP Gateway untuk mengintegrasikan sistem telepon analog tradisional ke sistem berbasis IP. Anda memerlukan FXS Gateway untuk menghubungkan port FXO ke internet atau sistem VoIP, untuk menghubungkan satu atau lebih jalur (line) analog ke sistem atau provider VoIP. Anda juga akan memerlukan FXO Gateway untuk menghubungkan sistem VoIP dengan saluran telepon analog, dan untuk menerjemahkan saluran telepon analog ke panggilan VoIP.

Cara kerja koneksinya yaitu saluran telekomunikasi dari port FXO harus terhubung ke port FXS, dan sebaliknya. Proses untuk membuat panggilan sederhana, ketika port FXS dan FXO terhubung, anda akan menerima sinyal dari perusahaan telepon melalui port FXS di dinding. Sinyal ini kemudian ditransmisikan ke port FXO yang terhubung ke perangkat, sehingga ketika anda mengangkat telepon, terdengarlah nada panggil. Kemudian saat anda memutar nomor telepon, yang diteruskan ke port FXS, anda sudah dapat melakukan panggilan.

Ketika anda menerima panggilan masuk, di sisi lain, port FXS menerima panggilan, lalu mengirim tegangan dering melalui port FXO ke perangkat telepon anda. Telepon akan berdering, dan dapat diangkat untuk menjawab panggilan.

Dengan demikian anda dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler dan memperoleh fitur-fitur komunikasi IP PBX yang modern, dengan tetap memberi kemungkinan untuk pengembangan.(fer)