Metode Kerja SEO Untuk Meningkatkan Kunjungan Website

Metode SEO
sumber: hubspot.com

Setelah rampungkan website kita disarankan untuk mengoptimalkannya melalui Search Engine Optimisation (SEO). Bingung dengan istilah SEO dan bagaimana cara kerjanya?  SEO adalah serangkaian metode manual untuk membuat sebuah alamat web mendapatkan peringkat teratas atau paling tidak berada di urutan halaman awal pada hasil mesin pencari dengan kata kunci yang relevan.

SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya kita harus terus-menerus mengoptimasi website. Untuk melakukannya, kita wajib memahami cara kerja atau algoritma mesin pencari dalam memberi peringkat terhadap website yang didasarkan pada kualifikasi atau persyaratan tertentu. Algoritma ini dapat berubah atau disesuaikan oleh mesin pencari. Maka itulah SEO terus menerus diperbarui.

SEO dikatakan efektif jika dapat menempatkan sebuah web dalam halaman pertama mesin pencari, biasanya berada pada urutan 10 besar. Inilah yang akan membuat web lebih sering terlihat dan memiliki kemungkinan untuk di klik dan meningkatkan traffic (lalu lintas) sebuah web.

Metode kerja SEO dibagi dalam 2 kelompok. SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page adalah upaya optimisasi web melalui konstruksi atau struktur internal sebuah web, seperti :

  1. Penataan halaman web secara teratur dan terorganisir.
  2. Judul dan deskripsi tiap halaman web.
  3. Kualitas isi atau konten yang menarik dan bermanfaat.
  4. Pemilihan warna standar dan teduh agar pengguna betah di web anda.
  5. Keyword (kata kunci) yang tepat per halaman dan keseluruhan web.
  6. Menghindari penggunaan widget dan script yang tidak berguna.
  7. Memilih domain yang dipercaya.

 
SEO Off Page adalah upaya optimisasi web diluar konstruksi atau struktur internal sebuah web, seperti :

  1. Promosi langsung melalui kolega, kenalan, teman.
  2. Sertakan link web anda dalam setiap kesempatan chatting dan forum internet.
  3. Sertakan link web anda melalui Social Media dan Bookmarking
  4. Sertakan link web anda melalui submit artikel di situs-situs artikel.
  5. Mencari backlink yang relevan dengan web dan memiliki page ranking tinggi.

 
Memahami dan menerapkan SEO sangat penting untuk menaikkan visibilitas website dan akan mendatangkan lebih banyak traffic, dan itu berarti akan ada banyak subscriber dan calon pelanggan. Targetnya adalah banyaknya jumlah pengunjung yang datang ke website dan relevan dengan karakteristik pasar yang diinginkan.(fer)