SaaS Menghadirkan Peluang dan Persaingan Baru

saas

Jika sebelumnya kami pernah menulis tentang Cloud Computing, dimana aspek layanan menjadi garda terdepan Informasi Teknologi, dan bisa langsung dimiliki dan dirasakan oleh pengguna akhir. Terobosan ini membuat kita tidak lagi mutlak harus memiliki dan melakukan instalasi platform, perangkat keras, dan software yang kerap memakan waktu, tempat, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

Di era Cloud Computing, kita akan semakin sering menjumpai istilah seperti SaaS, PaaS dan IaaS (Software as a Service, Platform as a Service, dan Infrastructure as a Service). Ya, Cloud Computing membuka kemungkinan baru dalam menghadirkan sarana prasarana IT dengan cara yang lebih cepat, mudah, praktis dan tentu saja hemat.

Kali ini kita akan lebih menggali tentang SaaS (Software as a Service), yaitu penyediaan software (perangkat lunak) oleh pihak provider atau developer melalui jaringan internet. Istilah SaaS muncul dari sisi penyedia aplikasi, dengan pertimbangan sentralisasi data dan administrasi. Sedangkan dari sisi pengguna, bisa juga menyebutnya Aplikasi Web (WebApp). Ini menjadi tanda perubahan signifikan dari pemasaran perangkat lunak, dimana sebelumnya kita harus membeli lisensi, mengunduh, instalasi dan maintenance. Metode pemasaran ini terus menunjukkan grafik yang meningkat setiap tahunnya.

Perangkat lunak atau aplikasi yang tersedia melalui metode SaaS cukup lengkap dan memiliki banyak pilihan, seperti aplikasi Accounting Finance, Customer Service / Helpdesk, Invoice / Billing, Project Management / Collaboration, Customer Relationship Management (CRM), Management Information Systems (MIS), Enterprise Resource Planning (ERP), Backup & Security, Sales Marketing, Web Survey, Education & Learning Management, serta aplikasi lain yang terus berkembang setiap harinya.

SaaS menawarkan keuntungan yang signifikan baik bagi pihak pengguna maupun penyedia/pengembang perangkat lunak, serta secara umum merangsang pertumbuhan inovasi dan menciptakan peluang-peluang baru. Teknologi penyediaan layanan IT ini akan menjadi motor pendorong roda ekonomi karena membuka peluang lebih besar bagi Usaha Kecil Menengah dalam meningkatkan daya saingnya di tengah industri global.(fer)