Sinergi Email Blast dan Media Sosial

email blast media sosial
Dalam melakukan aktifitas komunikasi dengan pelanggan atau penggemar, tentu banyak cara yang dapat dilakukan. Misalnya melalui antaran pos, telepon, fax, media sosial dan email. Dari beberapa metode yang disebut ini, masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Email blast atau email marketing masih merupakan salah satu metode yang memiliki keunggulan dari segi efisiensi biaya, efektifitas pesan dan laporan terukur. Isu lingkungan hidup serta kehadiran ponsel pintar (smartphone) juga membuat email menjadi metode komunikasi popular, dengan tampilan grafis HTML, serta mudah menjangkau banyak orang dalam waktu yang sangat cepat.

Untuk sebuah aktifitas penjualan produk pakaian keluaran terbaru seharga Rp.100 ribu, Bapak A menggunakan metode email blast. Jika biaya per email sebesar 100 rupiah, maka biaya pengiriman untuk 1.000 email adalah 100.000 rupiah. Dari angka itu, kita asumsikan 10% yang membaca pesan dan hanya 1% atau 10 orang yang akhirnya melakukan pembelian, itu artinya Bapak A mendapat laba sebesar 990.000 rupiah.Bagaimana dengan metode surat pos, telepon atau fax ? Berapa biaya per sambungan telepon, dan berapa orang yang harus dihubungi untuk mendapatkan 10 orang pembeli?

Email blast tidak terbatas penggunaannya pada aktifitas penjualan dan pemasaran saja, melainkan juga tepat digunakan untuk menyebarkan undangan, himbauan, artikel advertorial, dan publikasi lainnya. Siapa yang tidak senang jika jumlah pelanggan, fans atau anggotanya bertambah banyak ? Namun, ketika itu pula, muncul permasalahan baru. Bagaimana metode yang tepat untuk menjalin komunikasi dengan mereka?

Nah, untuk menyampaikan berita atau informasi yang bersifat publikasi, sinergi email blast dan media sosial seperti Facebook dan Twitter memang menjadi pilihan yang paling tepat dan kerap bersinergi satu sama lain meski masing-masing memiliki karakter tersendiri dan membutuhkan strategi dan teknik tertentu agar efektif.

Materi email biasa mencantumkan link ke Facebook, Twitter atau Website. Demikian sebaliknya, News Update pada Facebook atau Twitter kerap digunakan pula untuk mencantumkan link ke materi email. Media sosial dan website bisa juga digunakan untuk merangkul pelanggan dan penggemar baru yang akan terus menambah daftar kontak penerima atau Contact List.(fer)