Sistem Operasi Server Untuk Skala UKM

Server UKM
Sistem Operasi Server bukan hanya untuk usaha skala besar

Solusi server yang handal tidak selalu harus mahal dan dinikmati hanya oleh perusahaan besar saja. Usaha Kecil Menengah (UKM) juga harus mulai mengelola data dan sistem yang efisien. Lalu apa saja potensi besar yang bisa dimiliki  dari Sistem Operasi Server untuk skala UKM?

Inovasi teknologi informasi telah memungkinkan segalanya, dan meniadakan hambatan dalam mencapai performa maksimal. Dengan segudang fitur kolaborasi canggih, kemudahan dan keamanan handal, UKM dapat memiliki fasilitas server dengan kemampuan :

File / Printer Sharing
Anda dapat memiliki server untuk lingkungan jaringan dengan akses berbagi file dan printer ke komputer pengguna dengan sistem Windows maupun Macintosh. Fiturnya mampu menyimpan dan mengambil informasi via Web, FTP atau berbagi file oleh beberapa pengguna sekaligus.

Koneksi Internet
Cukup hubungkan server dengan ISP (Internet Service Provider) anda, maka server akan otomatis bertindak sebagai Gateway untuk seluruh jaringan atau network, tanpa perlu tambahan perangkat lunak lain.

Email Server
Anda memiliki sebuah server yang aman dan handal bagi tiap pengguna atau forum kelompok untuk mengirim email dan diskusi forum. Dengan konfigurasi fleksibel, server bekerja dengan mail client yang menggunakan standar industri IMAP, POP3, dan protokol SMTP. Fasilitas Webmail Secure juga memungkinkan pengguna untuk mengakses server dari web browser manapun di Internet, dilengkapi dengan anti virus dan filter spam untuk mengurangi jumlah email yang tidak diinginkan.

Firewall dan Directory Services dengan fitur standar industri.
Keamanan selalu menjadi prioritas ketika perusahaan mulai menggunakan internet. Anda tentu menginginkan manajemen server dengan filter berlapis, otorisasi level akses, dan pengaturan jalur khusus. Semua demi melindungi jaringan internal anda dari virus, malware, spam, phishing dan ancaman cyber lainnya.

Fitur Web Hosting yang aman dan handal serta intranet untuk berkomunikasi dengan karyawan dapat anda miliki sendiri. Didukung konten web dinamis dan e-commerce yang dapat dengan mudah diedit atau diperbarui dari komputer pengguna.

Remote Access untuk kemudahan jalur informasi antar cabang yang dapat diakses dari jauh.

RAID / Backup untuk keperluan backup dan proteksi data tambahan.

Automatic Updates dan Extensible Function untuk mendukung pengembangan dan penambahan ragam aplikasi untuk VOIP PBX, CRM, Web Filter, Web CMS (Content Management System), Multimedia, E-Commerce, dan lainnya.

Dengan adanya Sistem Operasi Server tentunya perusahaan anda, baik skala kecil, menengah ataupun besar dapat lebih meningkatkan performa yang diharapkan. Bayangkan satu atau sebagian fitur diatas harus anda bayar dengan harga sistem operasi yang mahal. Beruntung kini ternyata ada sistem operasi server yang ringan biaya atau Open Source. Linux Ubuntu, FreeBSD, dan Solaris adalah beberapa contohnya, yang memungkinkan seluruh fitur tersebut dengan biaya hemat dan memberi UKM kesempatan untuk berkembang ke level selanjutnya. (fer)