Terapkan VoIP System pada Telepon PSTN

Solusi IPPBX

IP-PBX adalah sistem  dengan fitur komplit yang menyediakan panggilan telepon melalui jalur internet. Seluruh percakapan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. Anda akan memperoleh fitur komunikasi lebih canggih dan berkualitas baik. Penggunaan teknologi VoIP Gateway dan Fix Wireless Terminal Sytem akan memilih jalur mana yang paling murah untuk dilewati sehingga penggunaan telepon akan lebih hemat hingga 50%. Solusi ini banyak dimanfaatkan untuk komunikasi telepon antar cabang. Anda dapat terapkan VoIP System pada telepon biasa (PSTN), dikombinasikan dengan sistem IP-PBX.

Bentuk paling sederhana untuk berkomunikasi dengan sistem VoIP adalah dua buah komputer yang dilengkapi dengan sound card, speaker dan mikrofon sederhana dan terhubung melalui network internet dan software khusus. Fasilitas Video Call juga dimungkinkan dengan penambahan Camera Web.

Selain dengan komputer, komunikasi VoIP dapat menggunakan peralatan lain, seperti IP Phone, handphone dengan fitur SIP, atau menggunakan pesawat telepon analog ditambah ATA (Analog Telephone Adapter) yang berfungsi mengubah suara analog menjadi suara  format digital.

IP-PBX (Internet Protocol Private Branch Exchange) merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai gateway dan pengatur jalur komunikasi antara IP Phone dengan PSTN. IP-PBX ini memiliki seluruh fungsi yang dimiliki oleh PABX (Private Automatic Branch Exchange). IP-PBX juga memiliki kompatibilitas dengan PABX  sehingga anda tidak perlu menyingkirkan PABX  yang lama. Untuk penambahan jalur telepon pada IP-PBX tidak memerlukan hardware dan jalur tambahan dari penyedia layanan telekomunikasi. Cukup dikonfigurasi melalui software.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, popularitas IP Phone memang masih kalah bila dibandingkan dengan PSTN. Namun, seiring waktu, pandangan ini akan berubah mengingat fungsi telepon analog merupakan salah satu bagian kecil dari fungsi IP Phone.(fer)