Tips Desain Email Blast Menggunakan Template

email_templates
Untuk membuat desain email, anda bisa menggunakan ragam template yang sudah ada atau membuat khusus dengan melakukan modifikasi dari template tersebut. Dengan cara ini, anda bisa membuat desain HTML email dengan cara semudah menggunakan software penyunting kata (seperti Microsoft Word). Berikut tips desain email blast menggunakan template.
 

  1. Setelah login ke aplikasi, masuklah ke menu pilihan Templates pada pojok kanan atas. Untuk leluasa melihat ragam desain template tersebut, anda bisa memilih View Built In Email Templates dan membukanya pada tab browser baru. Setelah yakin pada pilihan anda, silakan kembali ke menu Template dan pilih Create a Custom Template menggunakan desain tersebut.
  2. Anda akan masuk pada area baru, beri nama desain anda pada kolom Template Name, misalnya Desain 1 atau Desain 2, terserah anda. Perlu diketahui, bahwa keberhasilan Email Blast juga terletak pada konsistensi konsep dan karakter desain yang digunakan. Konsistensi jenis huruf, tema warna dan layout akan memudahkan penerima email untuk menangkap citra / brand yang hendak anda bentuk.
  3. Pada kolom Template Format, pilih HTML and Text. Lalu klik pilihan desain yang telah anda tentukan sebelumnya pada kolom Email Template, lalu klik Next.
  4. Berikutnya, anda akan masuk ke area Content/HTML Editor, pilihlah opsi Create content using the WYSIWYG editor below. Pada area ini, anda dapat memodifikasi template, seperti mengganti gambar, merubah teks, jenis huruf, dan warna dengan tombol-tombol tools yang ada dengan cara mudah.
  5. Anda bisa membuat Link ke website anda dari Gambar atau Teks, bahkan anda juga bisa melihat bentuk HTML dari keseluruhan desain template tersebut via Edit HTML Source lalu memodifikasinya jika anda menguasai format HTML.
  6. Lalu ada juga tombol Insert Unsubscribe Link. Kami anjurkan anda menggunakannya, biasanya terletak pada bagian bawah email. Link ini penting karena menjadi salah satu syarat email anda lolos dari filter SPAM dan memberikan hak penuh kepada penerima untuk berlangganan newsletter dari anda.
  7. Bagian berikutnya adalah Text Content. Karena sebelumnya anda memilih Template Format HTML and Text. Area ini bisa anda isi dengan konten teks polos, berguna sebagai antisipasi ketika email penerima tidak mengijinkan tampilan gambar atau HTML. Anda bisa mengetik manual atau menggunakan tombol Get Text Content From Editor pada bagian bawah area teks untuk mengambil teks dari konten HTML diatasnya. Untuk konten teks, anda tetap perlu Insert Unsubscribe Link.
  8. Bagian berikutnya adalah Email Validation untuk sekedar menguji desain tampilan pada beberapa email. Untuk akurasi uji yang lebih baik, nantinya anda juga bisa mengujinya sendiri pada akun email internal anda sebelum dikirim.
  9. Miscellaneous Options berisi opsi yang dapat anda centang terkait desain template email anda. Jika sudah selesai dan ingin menyimpan desain template, klik Save atau Save and Exit dan anda bisa menggunakan desain ini untuk keperluan anda di lain kali.
  10. Pada bagian bawah terdapat tombol Insert Custom Field, yang merupakan script program dan akan muncul pada konten email anda secara otomatis. Custom Field yang umum digunakan seperti :
  • Contact Email Address, menampilkan alamat email masing-masing penerima email anda saat terkirim.
  • Link to Web Version of This Email, menampilkan link opsi untuk melihat email anda via browser penerima, sebagai bentuk antisipasi jika email anda tidak tampil sempurna via email
  • Subscribe Date, menampilkan tanggal kapan subscriber bergabung ke dalam database anda.

 
Selain itu, anda juga bisa menambahkan Custom Field anda sendiri seperti First Name, City, Country, Birth Date, Title (Mr/Mrs/Miss) dan lainnya yang berguna membuat email anda memiliki nilai tambah sentuhan personal bagi penerimanya. Sebagai catatan, Custom Field akan bekerja secara otomatis mengambil data dari database anda selama data tersebut ada, jika tidak ada, maka kolom tersebut nantinya akan menampilkan teks kosong. Misalnya database anda berisi Birth Date, Title, First Name, Email Address, City, Subscribe Date, maka informasi itu bisa ditampilkan otomatis melalui script Custom Field pada masing-masing email yang terkirim.(fer)