Tips Menampilkan Gambar Untuk Email Marketing

newsletter-image

Menggunakan gambar atau file grafis dalam komunikasi email marketing membuat pesan tampil lebih menarik, selain itu dapat meningkatkan traffic atau lalu lintas ke website dengan membuat link pada gambar / logo anda. Pastikan anda tahu apa yang harus dilakukan dengan gambar yang mengundang perhatian itu, dengan memberikan langkah mudah bagi penerima melakukan respon yang anda harapkan.

Untuk keperluan ini dibutuhkan perencanaan yang cermat. Inilah tujuh tips menampilkan gambar untuk Email Marketing, terkait Dimension, Resolution, Format, Color, hingga Image To Text Ratio.

Ukuran gambar (dimension) untuk header maksimal 600 piksel lebarnya, dengan tinggi 100-200 piksel. Lalu untuk gambar dalam konten email kami sarankan ukuran maksimal 480 kali 480 piksel.

Atur gambar email ke resolusi 72 dpi dan format yang digunakan adalah .jpeg, .png, dan .gif untuk animasi dan jangan gunakan flash. Khusus newsletter yang memakai format .gif animasi, sebaiknya diuji terutama pada Outlook.

Pengaturan warna untuk tampilan online menggunakan nilai RGB, bukan CMYK yang biasa digunakan dalam keperluan industri percetakan.

Semakin besar dan banyak gambar, semakin besar peluang filter spam email atau firewall akan memblokir. Jadi pastikan juga untuk proporsi berimbang antara teks dan gambar (image to text ratio) atau 70 banding 30 persen akan lebih mulus terkirim.

Banyaknya gambar belum tentu membuat email newsletter efektif. Meskipun hal ini relatif tergantung pada kemampuan desain, tapi email yang nampak ramai akan membuat bingung pembaca. Gambar yang penuh membuat email beresiko terhadang firewall dan lambat untuk dibuka. Sangat penting memperhatikan deliverability agar newsletter anda sampai ke inbox. Email dengan dua hingga empat gambar yang proporsional dengan teks akan tampak lebih jelas dan mudah diterima oleh mata.

Jika email newsletter anda sukses terkirim, tetap lakukan evaluasi bagaimana respon atas gambar, tombol, dan link yang anda buat pada newsletter untuk perbaikan berikutnya.(fer)

Close Menu