User Generated Content Sebagai Strategi Digital Marketing

user-generated-content

Banyak yang menyukai User Generated Content sebagai strategi digital marketing saat ini. Produsen mendapatkan timbal balik dan manfaat, di sisi lain, konsumen merasa diperhatikan.

User Generated Content atau UGC adalah konten yang dibuat oleh konsumen, pengikut di media sosial,  penggemar, atau influencer yang menggunakan atau mengaitkan  produk, jasa atau brand anda. UGC bisa berupa ulasan di blog, media sosial, podcast, video, gambar atau multimedia lainnya.

Hal ini akan menimbulkan rasa memiliki yang tinggi terhadap produk atau brand, dan akan menciptakan hubungan yang lebih baik dengan konsumen serta memperluas jangkauan anda selaku produsen.

Ulasan konsumen yang positif juga dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization), serta publikasi konten di blog konsumen bisa menjadi tautan atau backlink ke situs anda. Kata kunci (keyword) yang dibuat audiens terhadap brand juga dapat anda analisa dengan Web Analytic, manakah kata dan frase yang paling sering digunakan.

Tidak semua keyword spesifik dan unik mengenai produk dan jasa terpikir oleh pihak produsen. UGC membuat ide keyword menjadi beragam dan spesifik sesuai pendapat masing-masing konsumen. Ini menimbulkan interaksi dan minat dari konsumen lainnya terkait pengalaman yang lebih personal.

UGC menghasilkan konten baru yang relevan. Konten ini otentik dari konsumen dan menunjukkan bahwa produsen bukan lagi menciptakan traffic melalui monolog melainkan dialog, yaitu komunikasi dua arah. Ulasan dari konsumen sering menyertakan tautan dan keyword yang sesuai dengan produk dan membantu memperkuat SEO secara alami.

UGC juga mengoptimalkan media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter, dan ini membantu SEO melalui Social Media Optimization (SMO). Produsen menjangkau lebih luas lewat likes, share, comment, retweet. Selain itu, berbagi foto, video, atau ulasan dari konsumen akan menanamkan kepercayaan yang lebih besar dari follower anda yang lain.

Semakin banyak keterlibatan yang tercipta berarti peningkatan traffic dari calon pelanggan baru yang mencari atau memiliki pengalaman serupa dengan brand tersebut. Hal-hal ini baik bagi algoritma mesin pencari dalam mengevaluasi peringkat situs web anda.

Maka produsen atau brand harus menemukan apa yang membuat audiens bersemangat untuk terlibat dan membuat konten. Bila dikelola dengan benar, User Generated Content sebagai strategi digital marketing akan mendorong keterlibatan, meningkatkan SEO serta menumbuhkan traffic website dan pelanggan potensial anda.(fer)

Close Menu