Web Analytic Meningkatkan Performa Website

web-analytic

Menggunakan Web Analytic  bagi pengelola suatu website sangatlah penting untuk mengenal para pengunjung dan apa yang mereka harapkan dari situs tersebut. Web Analytic bekerja dengan JavaScript Code pada halaman situs dan memberi layanan Data Collection dan Data Processing otomatis bagi anda.

Google Analytics adalah salah satu aplikasi untuk menganalisa traffic website, sumber traffic, social metric, dan statistik lainnya guna evaluasi dan pembuatan konten, posting media sosial, dan advertising yang lebih baik untuk mengundang pengunjung situs. Ini adalah perangkat Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) yang sangat membantu pemasaran situs anda.

Google Analytics juga menyediakan data detail mulai dari lokasi geografis pengguna, bahasa yang mereka terapkan, browser yang mereka gunakan, resolusi layar, dan membantu menganalisis waktu kunjungan situs yang paling aktif. Admin dengan mudah mengetahui jam berapa website tersebut paling banyak dikunjungi dan persentase pengunjung yang  meninggalkan situs (bounce rate). Web Analytic meningkatkan performa website lewat  pemahaman terhadap data yang disajikan.

Selain Google Analytic ada juga opsi lain seperti Open Web Analytics dan Bing Webmaster Tools. Semua sama mudah, daftar dan masukkan alamat URL website anda dan verifikasi. Anda akan memperoleh Tracking Code untuk  disalin pada file header atau footer website. Hasil analisa dan laporannya akan mulai terlihat dalam 12-24 jam.

Seiring waktu, anda akan memperoleh laporan dan gambaran lebih komprehensif terkait bagaimana konten, navigasi,  kecepatan dan fitur website, apakah keberadaan kantor online anda sudah produktif dan sesuai dengan tujuan. Manakah halaman yang paling banyak dikunjungi, berapa durasi waktu yang dihabiskan pengguna di halaman tertentu, mana halaman dengan performa terbaik, mana halaman yang tidak menarik, bagaimana efektivitas keyword, dan bahkan ada juga laporan tentang malware.

Aplikasi Web Analytics  memiliki fitur-fitur lain seperti Custom Report yang dapat dibuat dan diatur tampilannya dengan mudah. Anda dapat menambahkan bermacam-macam parameter dan metric untuk menayangkan report yang dikehendaki. Lalu ada fitur Custom Alerts yang bisa disetting mengirim notifikasi dalam bentuk pesan teks atau email setiap kali traffic menurun atau terjadi perubahan drastis pada statistik.

Fiitur integrasi media sosial dan AdWords juga ada untuk mengetahui jumlah pengunjung yang berasal dari iklan mesin pencari dan media sosial. Ini berguna untuk melihat kampanye dan situs media sosial mana yang merupakan penyedia traffic dan menciptakan Return of Investment (ROI) terbaik.

Aplikasi ini juga menyiapkan integrasi dengan web optimization lainnya yang juga penting  seperti Search Console. Laporan dan informasi terkait SEO di Search Console menjadi lebih ringkas dapat dilihat dalam satu aplikasi.(fer)

Close Menu